PPBBI

PPBBI Kopyor Competition 2021 dalam Rangka Ulang Tahun Kota Bogor

 

Kelapa kopyor merupakan tanaman eksotis asli Indonesia yang memiliki citarasa gurih dan lezat. Kelapa kopyor dikembangkan dan diproduksi di PPBBI Bogor melalui teknik kultur jaringan yang mampu menghasilkan tanaman kelapa yang berbuah 99,99% kopyor. Buah kelapa kopyor tidak hanya dapat dikonsumsi sebagai es kopyor saja, tetapi juga bisa diolah menjadi berbagai jenis olahan bahkan kuliner kekinian, sehingga potensial menjadi salah satu ikon kuliner kota Bogor. Bersamaan dengan peringatan hari jadi Kota Bogor pada Bulan Juni 2021, PPBBI menyelenggarakan Kopyor Competition: Lomba Kreasi Kuliner berbahan dasar Kelapa Kopyor. Bahan dasar Kelapa Kopyor yang diolah peserta disediaakan dari PPBBI yang dikenal dengan nama KoSuDu (Kopyor Super Duper).

Rangkaian acara Kopyor Competition dimulai sejak 1 Juni 2021, dan acara puncak yaitu Grand Final pada tanggal 30 Juni 2021 yang dilaksanakan secara offline terbatas dan daring untuk penonton. Grand Final Kopyor Competition menghadirkan Juri Profesional Chef Zahakir Haris, Owner Tandi’s Bakery Homemade, dan Juri Kehormatan Ibu Yane Ardian Bima Arya, Istri Walikota Bogor dan juga selaku Ketua Badan Kuliner Kota Bogor. Pada puncak acara Grand Final, beliau pun menyampaikan bahwa Kopyor Competition ini menjadi langkah yang baik untuk memulai sosialisasi kelapa kopyor kepada masyarakat hingga nantinya dapat mewujudkan Bogor Kota Kopyor, dengan didukung kolaborasi dan sinergi berbagai pihak.

Kopyor Competition diikuti oleh peserta baik dari kalangan individu, komunitas, darma wanita Kota Bogor, hingga kafe atau resto. Perwakilan dari Darma Wanita Persatuan Kementerian Agama Kota Bogor (DWP Kemenag) berhasil memenangkan Kopyor Kompetition yang diumumkan saat Grand Final dengan kreasi olahannya Kopyor Tofu. Bagi yang ingin menyaksikan siaran ulang Grand Final Kopyor Competition dapat mengunjungi Youtube Channel: PPBBI Official. Kreasi kuliner dari para peserta pun dapat disaksikan di Instagram: puslitbiotek.id dan pelatihanppbbi. Barangkali bisa menjadi inspirasi untuk berkreasi dari bahan kelapa kopyor KoSuDu produksi PPBBI.