• header-produk1.jpg
  • header-produk2.jpg
  • header-produk3.jpg
  • header-produk4.jpg

PPBBI berperan aktif dalam Rapat Kerja Pengembangan Pusat Unggulan Iptek Tahun 2017

Pada tanggal 8-9 Februari 2017 telah dilaksanakan Rapat Kerja Pengembangan Pusat Unggulan Iptek (PUI) Tahun 2017 dimana PPBBI hadir sebagai salah satu lembaga yang telah ditetapkan menjadi PUI. Komitmen dan konsistensi dari seluruh institusi dalam mempertahankan status lembaga PUI terus didorong oleh Kemenristekdikti sebagai pengelola PUI.

Dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan Pusat Unggulan Iptek (PUl) 2017, Direktorat Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan Rapat Kerja Pengembangan Pusat Unggulan Iptek 2017 pada tanggal 8-9 Februari 2017 yang bertempat di Gedung D Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta Pusat. Rapat kerja ini merupakan wahana koordinasi dan konsolidasi rencana kerja PUI 2017 untuk menajamkan strategi pelaksanaan pencapaian indikator kinerja PUI pada tahun berjalan.

Dalam rapat kerja tersebut dilaksanakan pembahasan rencana kerja untuk tiga kategori lembaga PUI yaitu kategori A untuk lembaga yang telah ditetapkan dan telah melewati masa insentif 4 tahun (4 lembaga), kategori B untuk lembaga yang telah ditetapkan dan masih dalam masa insentif 4 tahun (15 lembaga), serta kategori C untuk lembaga yang masih dibina dan masih dalam masa insentif 4 tahun (29 lembaga). Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia (PPBBI) yang telah ditetapkan sebagai lembaga PUI dengan tema riset/kegiatan Bioteknologi Perkebunan pada tanggal 1 Januari 2015 termasuk ke dalam kategori B.

Pada tahun ketiga masa insentif PUI ini, PPBBI terus berkomitmen untuk meningkatkan kinerja tiga kapasitas yaitu Sourcing-Absorptive Capacity, Research and Development Capacity, dan Disseminating Capacity. Dari ketiganya, fokus kinerja PPBBI sebagian besar akan diarahkan untuk mempertahankan dan meningkatkan kapasitas diseminasi dari produk-produk unggulan yang dimiliki. Di sisi lain, kapasitas riset dan pengembangan yang dapat diukur dari jumlah publikasi ilmiah nasional maupun internasional serta jumlah kehadiran peneliti PPBBI dalam forum konferensi internasional sebagai pembicara tidak pula kemudian dikesampingkan. Sebagai lembaga PUI, PPBBI diharapkan mempersiapkan diri untuk mengarah kepada pembentukan Science and Techno Park (STP). STP sendiri diharapkan memainkan tiga peranan yaitu melaksanakan penelitian dan pengembangan, menumbuhkan dan mengembangkan perusahaan pemula berbasis teknologi, serta menumbuhkan kluster industry atau menarik industry ke dalam kawasan STP.

RAP/RTS



Share di Facebook

 

 

 

 

Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia
Jl. Taman Kencana No.1, Bogor 16128- Indonesia Phone: (0251) 8324048, 8327449 Fax. : (0251) 8328516 Email: admin@iribb.org
Hak cipta © 2021
Media Sosial :