• header-produk1.jpg
  • header-produk2.jpg
  • header-produk3.jpg
  • header-produk4.jpg

Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktur Paten telah memberikan 2 (dua) sertifikat paten kepada PPBBI

Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktur Paten telah memberikan 2 (dua) sertifikat paten terhadap invensi hasil penelitian PPBBI. Sertifikat paten yang diterima pada tahun 2015 tersebut yaitu invensi berjudul :

(1) Komposisi Formula Fungi Pelapuk Putih untuk Penghilangan Warna dan Bau Air Limbah dan Bahan Mentah Industri (Paten No. IDP 000037198) dengan inventor : Dr Tri Panji, MS dan Ir Suharyanto, M.Si.

Penemuan ini berupa komposisi formula berbahan aktif fungi (jamur) pelapuk putih (FPP) penghasil enzim lakase, lignin peroksidase dan mangan peroksidase yang memiliki kemampuan menghilangkan zat warna dan mendegradasi senyawaan penyebab bau, sehingga fungi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai agens dekolorisasi dan deodorisasi. Dengan formula khusus yang dipatenkan tersebut fungi tetap viabel dalam waktu lama dan dapat diaplikasikan secara langsung ke dalam bahan yang akan didekolorisasi dan dideodorisasi skala industri. Produk inokulan fungi untuk penghilang bau dan warna limbah terkait dengan aplikasi paten tersebut telah diproduksi PPBBI dengan merk dagang Deo-klining.

(2) Formula pupuk bioorganik dari limbah lateks dengan mikroba pengaya (Paten IDS-000001350) dengan inventor : Dr Tri Panji, MS, Ir Suharyanto, M.Si, Dr Siswanto, DEA, dan Irma Kresnawaty, M.Si. Penemuan ini berupa suatu formula pupuk bioorganik berbahan baku limbah cair dan limbah padat dari pengolahan lateks yang diproses dan diformulasi dengan mikroba pengaya berbahan aktif fungi Trichoderma sp., bakteri Rhizobium sp. penghasil fitohormon, jamur pelapuk putih Omphalina sp., kascing, bahan organik dan bahan humat, sedemikian rupa sehingga menghasilkan pupuk bioorganik yang dapat menggantikan pupuk kimia hingga 50% dosis anjuran.

 

Penulis : Ir. Suharyanto, MSi


Share di Facebook

Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia
Jl. Taman Kencana No.1, Bogor 16128- Indonesia Phone: (0251) 8324048, 8327449 Fax. : (0251) 8328516 Email: admin@iribb.org
Hak cipta © 2021
Media Sosial :