Produk

Ciragi

Nama Produk
:
Ciragi
Paten
:
P-00201407291
Sertifikat merk
:
D 002014052980
Peneliti
:
Dr. Tri Panji, MS; Dr. Priyono, DIRS; Ir. Suharyanto, M.Si

Latar belakang :

Pada fermentasi kopi secara spontan, mikroba yang berperan ialah mikroba residen, yaitu mikroba yang berasal dari buah kopi, serta mikroba dari lingkungan sekitar. Hasil riset menunjukkan bahwa mikroba yang ada di buah kopi dan di lingkungan sekitar tidak kurang dari 144 jenis. Dengan demikian, akan sulit diharapkan hanya mikroba tertentu akan dapat dominan dalam proses fermentasi spontan tersebut. Dengan besarnya keragaman mikroba yang berperan utama dalam fermentasi tersebut, hasil fermentasi tidak mungkin konsisten. Akibatnya, aroma atau citarasa yang timbul dari fermentasi juga tidak konsisten. Oleh sebab itu diperlukan starter mikroba dengan bahan aktif bakteri Lactobacillus spp. yang diformulasi secara khusus untuk penyempurna fermentasi biji kopi dan memperbaiki citarasa kopi dengan mutu yang lebih konsisten.

Kegunaan :
Starter Ciragi dapat meningkatkan skor cup test citarasa, baik untuk kopi Arabika maupun Robusta.  Peningkatan citarasa yang signifikan akan menghasilkan kopi spesialti (specialty) dengan premium harga yang sangat menarik, hingga di atas US $ 2 /kg. Aplikasi Ciragi bukan hanya meningkatkan skor citarasa, tetapi juga memperpendek waktu fermentasi dari 36 jam menjadi 12 jam, sehingga mengurangi kebutuhan HOK tenaga kerja dan meningkatkan kapasitas pengolahan.
Keunggulan starter Ciragi :

- Ciragi diformulasi secara khusus sehingga menjamin mutu starter, viablilitas dan keefektifan  mikroba untuk menghasilkan citarasa kopi yang baik dan mengeliminasi cacat citarasa (off-flavor) seperti spicy, herbal, astringent dll

- Proses fermentasi berlangsung sederhana tanpa pembalikan, pengaturan pH dan suhu, serta penambahan bahan kimia.

- Aplikasi starter Ciragi memungkinkan untuk menggantikan produksi kopi luwak skala besar dengan cara yang lebih higienis dan tidak melanggar animal welfare.  Dengan kata lain kita dapat memproduksi kopi luwak tanpa luwak.



 

BIO-STAB

 

Metaribb

Nama Produk
:
Metaribb
Paten
:
S-2000 0106
Sertifikat merk
:
-
Inventor
:
Dr. Agus Purwantara
Dr. Darmono Taniwiryono
Metaribb (Metarhizium insecticide) adalah bioinsektisida berbahan aktif jamur Metarhizium anisopliae. Sangat selektif untuk mengendalikan hama Oryctes rhinoceros pada sawit dan kelapa dan hama tanaman dalam tanah seperti hama boktor tebu (Dorysthenes sp.), dan boktor sengon (Xytrocera festiva).
Kegunaan :
Metaribb mengandung dua strain Metarhizium anisopliae, yaitu strain M7 yang efektif untuk mengendalikan hama Oryctes pada sawit dan kelapa, dan strain M3 yang efektif untuk mengendalikan hama boktor tebu dan sengon.
Gambar 1. Hama Oryctes pada sawit (kiri), hama boktor pada tebu (tengah) dan hama boktor pada sengon (kanan) yang terserang Metarhizium anisopliae bahan aktif bioinsektisida Metaribb.
Keunggulan :
Metaribb merupakan bioinsektisida yang aman dan ramah lingkungan yang terbukti mampu mengendalikan beberapa jenis hama tanaman perkebunan yang sebagian siklus hidupnya berada di dalam tanah. Strain M. anisopliae yang dipakai sebagai bahan aktif bioinsektisida secara periodik diperbaiki dan dijaga kualitasnya, tetap stabil selama transportasi dan selama penyimpanan 1 tahun. Formula Metaribb berbentuk tepung dan granul, mengandung bahan pembawa yang juga berfungsi sebagai “food base” selama M. anisopliae berada di dalam tanah. Dalam kondisi lingkungan yang sesuai, hama Oryctes atau boktor yang mati akan menghasilkan berjuta-juta spora M. anisopliae yang dapat menginfeksi hama lain di sekitarnya.

Potensi :
Bioinsektisida Metaribb dapat digunakan untuk mengendalikan hama Oryctes rhinoceros pada sawit dan kelapa dan hama tanaman dalam tanah seperti hama boktor tebu (Dorysthenes sp.) dan boktor sengon (Xytrocera festiva). Selain itu, Metaribb juga mempunyai potensi untuk mengendalikan hama lain, seperti belalang (locus) atau wereng.

Cara Aplikasi:

1. Kelapa Sawit
Metaribb ditaburkan pada tumpukan tandan kosong atau sisa bahan organik di kebun sawit dengan dosis 20 gram/m2 area dengan kedalaman tumpukan 25 cm. Untuk meningkatkan pemerataan, disarankan untuk mencampur Metaribb dengan pasir/tanah halus 1:9 (misal 1 kg Metaribb dengan 9 kg pasir/tanah halus) secara homogen, kemudian menaburnya secara merata (200 gram campuran/m2). Untuk itu disarankan memilih Metaribb dengan formulasi tepung, aplikasi diulang setiap 6 bulan.

2. Tebu
Metaribb ditabur secara manual atau menggunakan fertilizer applicator dengan dosis 200 kg/ha pada saat pengolahan tanah, kemudian ditutup dengan tanah. Aplikasi dapat menggunakan formulasi tepung maupun granul.

3. Sengon
Metaribb dengan formulasi tepung disuspensikan dengan air (50 gram/liter), disaring, kemudian diinjeksikan ke dalam lubang gerekan boktor menggunakan injector atau syringe dengan dosis 20 ml/lubang. Selanjutnya lubang gerekan boktor disumbat dengan kapas atau bahan lain yang semisalnya.
Gambar 2. Metaribb diaplikasikan dengan cara ditabur secara manual atau menggunakan fertilizer applicator pada perkebunan tebu (kiri dan tengah), dan ditabur pada tandan kosong atau sisa bahan organik pada perkebunan sawit (kanan)

Output/Manfaat Aplikasi Metaribb :
1. Mematikan larva yang berada di dalam tanah atau sisa bahan organik sebelum larva/boktor menyerang batang tebu atau sebelum Oryctes dewasa menyerang pucuk sawit, sehingga tanaman tebu/sawit lebih sehat.
2. Pertumbuhan tanaman menjadi tampak lebih sehat dan hijau. Pertanaman tebu dapat dipertahankan sampai ratoon ketiga atau lebih, tanpa harus replanting. Produksi tandan sawit meningkat sampai dengan batas kemampuan genetik tanaman.
3. Larva Oryctes atau boktor yang mati akan menghasilkan berjuta-juta spora M. anisopliae yang dapat menginfeksi hama lain di sekitarnya.
 

GanOr-G1

Nama Produk
:
GanOr-G1
Paten
:
Dalam proses
Sertifikat merk
:
D00-2005021190
Inventor
:
Dr. Djoko Santoso
Dr. Happy Widiastuti
GanOr-G1 adalah fungisida organik dengan formula dengan komposisi yang berimbang. Formula fungisida organik GanOr-G1 sangat efektif menekan pertumbuhan Ganoderma in vitro dan in vivo di rumah kaca.
Gambar 1. Pengaruh penambahan fungisida organik GanOr-G1 pada pertumbuhan Ganoderma in vitro, terhambat 100% (kanan), dibandingkan dengan kontrol pada media PDA.

Kegunaan :
Menekan pertumbuhan jamur patogenik Ganoderma, fungi penyebab penyakit busuk pangkal batang, BSR (basal stem root) pada tanaman kelapa sawit.

Keunggulan :
Dibuat dari rempah-rempah Indonesia, GanOr-G1 ramah lingkungan dan tidak beracun terhadap mamalia. Dapat digunakan sebagai komponen PHPT (pengendalian hama dan penyakit terpadu), terutama untuk pertanian organik.

Potensi :
Aktivitas anti-fungalnya berspektrum luas sehingga diduga kuat GanOr-G1 juga efektif terhadap fungi patogenik lainnya.

Cara Aplikasi :
1. Tanaman tahunan (pohon) di kebun: Cara penyuntikan batang (trunk injection).
a. Untuk tanaman kelapa sawit TM, lakukan pengeboran miring 45 derajat pada batang tanaman, sedalam 11 cm dan berjarak 60 cm dari permukaan tanah.
b. Masukkan pipa paralon diameter 1 inci (2,54 cm) panjang 16 cm kedalam lubang bor tersebut.
c. Masukkan 50-70 ml GanOr-G1 yang telah diencerkan 20-50 kali dengan air bersih (1 liter GanOr-G1 menjadi 20-50 liter GanOr-G1 encer) ke dalam pipa paralon terpasang lalu ditutup dengan cap berlubang halus agar tidak kemasukan kotoran atau serangga.
d. GanOr-G1 encer tersebut bisa untuk 285-500 pohon kelapa sawit per aplikasi.
e. Interval aplikasi adalah 1 - 3 minggu sekali, hingga tanaman sembuh.
2. Tanaman semusim: cara penyemprotan di daun.
a. Encerkan GanOr-G1 dengan air bersih 50-100 kali, 1 liter GanOr-G1 menjadi 50-100 liter GanOr-G1 encer.
b. Semprotkan pada daun tanaman yang sakit hingga basah pada pagi atau sore hari.
c. Apabila setelah beberapa hari aplikasi daun nampak seperti terbakar, maka kurangi dosis aplikasinya secukupnya.
d. Interval aplikasi adalah 1 - 3 minggu sekali, hingga tanaman sembuh.
3. Tanaman semusim: cara penyiraman di tanah.
a. Encerkan GanOr-G1 dengan air bersih 20-50 kali, 1 liter GanOr-G1 menjadi 20-50 liter GanOr-G1 encer.
b. Siramkan diseputar batang/pohon 50-200 ml untuk tanaman kecil, dan 1-4 liter untuk tanaman besar.
c. Apabila setelah beberapa hari aplikasi daun nampak seperti terbakar, maka kurangi dosis aplikasinya secukupnya.
d. Interval aplikasi adalah 1 - 3 minggu sekali, hingga tanaman sembuh.

Output/Manfaat Aplikasi GanOr-G1 :
• Pada dosis 1%(v/v) atau lebih, GanOr-G1 mampu menekan hingga 0% pertumbuhan Ganoderma baik lini GR maupun GB in vitro.
• GanOr-G1 memiliki aktivitas anti-fungal yang stabil, tetap baik dalam penyimpanan pada suhu ruang selama setidaknya 5 bulan.
• Percobaan pada tanaman kelapa sawit muda yang diinfeksi Ganoderma di rumahkaca juga menunjukkan aktivitas yang sepadan.
 

Bio Florist

Menyediakan bibit tanaman hias hasil kultur jaringan dalam jumlah besar: planlet in vitro, pasca aklim dan tanaman di pot.
Phylodendron "Red Emerald"
Kombinasi warna daun merah hati dan hijau, cocok untuk indoor maupun outdoor, Green City dan Vertical Garden
Cordyline: Green Lipstick (Cordyline kiluea) & Red Lipstick (Cordyline ballerina)
Cocok untuk lansdkap taman bergaya Hawai maupun digunakan sebagai indoor plant
Zingiber spectabile (jahe bunga)
Tanaman hias dari keluarga jahe-jahean, menghasilkan bunga yang cantik, kokoh & dapat bertahan lama setelah dipotong. Sangat cocok untuk dekorasi dalam ruangan.
Anggrek Batik, Anggrek Hitam & Dendrobium Firik
Tersedia planlet di botol dalam jumlah besar.
Tersedia planlet di botol dalam jumlah besar.
 
More Articles...