Pelatihan

SIMPOSIUM GANODERMA

 

Pada tanggal 2-3 November 2011, BPBPI akan menyelenggarakan Simposium Nasional Ganoderma. Ganoderma selain selama ini dikenal sebagai patogen tanaman perkebunan (kelapa sawit, teh dan kakao) dan kehutanan (Acasia) yang sangat merugikan. Namun, Ganoderma juga  merupakan bahan baku obat tradisional.  Ganoderma diyakini memiliki khasiat sebagai imunostimulan. Pada Simposium tersebut, sejumlah pakar Ganoderma dari IPB, UGM, PPKS dan BPBPI akan menyampaikan hasil penelitian terkni.  Produsen jamu nasional dan peramu obat herbal tradisional diharapkan ikut menyemarakkan  pertemuan tersebut.

 

 

PELATIHAN PENINGKATAN PENDAPATAN DAERAH MELALUI PEMANFAATAN LIMBAH PERTANIAN DAN PERKEBUNAN

BPBPI saat ini sedang menyiapkan materi pelatihan  dengan tema ”Pengkayaan wawasan pejabat daerah tentang pengelolaan peningkatan pendapatan daerah melalui penerapan bioteknologi” yang ditujukan untuk pemerintah daerah di seluruh Indonesia. Melimpahnya limbah pertanian dan perkebunan yang belum diolah secara optimal dapat diatasi dengan pengelolaan secara efisien dengan pendekatan teknik bioteknologi. Pengelolaan limbah tersebut menjadi produk yang lebih bermanfaat seperti pupuk organik, pupuk hayati, pupuk cair dan biogas serta ulat untuk pakan ikan sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah.

Read more...

 

PELATIHAN KULTUR JARINGAN

Pembangunan perkebunan di Indonesia meningkat pesat dalam satu dekade terakhir.  Saat ini areal perkebunan kelapa sawit, karet dan kakao Indonesia merupakan yang terluas di dunia. Kebutuhan bibit tanaman perkebunan di Indonesia mencapai ratusan juta bibit per tahun. Teknologi kultur jaringan mampu menyediakan bibit unggul klonal yang seragam dalam jumlah besar.  Kultur jaringan tanaman perkebunan seperti kelapa sawit, karet, teh, kina, kopi, kakao, dan tebu. Kultur jaringan berfungsi untuk keperluan transformasi dalam mendapatkan tanaman transgenik, untuk tujuan pemuliaan tanaman, memperoleh bibit bebas penyakit dan  memproduksi senyawa sekunder.

Download Brosur

Tanggal Pelatihan : 5 - 9 Juli 2010

Materi Pelatihan :
1. Pengenalan fasilitas laboratorium kultur jaringan.
2. Penyiapan bahan tanam (eksplan).
3. Penyiapan media tanam.
4. Penanaman eksplan/subkultur.
5. Aklimatisasi planlet.
Contact person :
Sumaryono 08128184264 / Wibik 08170918346
Telp. (0251) 8324048    /8327449