Pelatihan

Pelatihan Teknologi Budidaya Kopi dan Fermentasi dengan Starter Ciragi untuk Menghasilkan Kopi Bermutu Tinggi

PPBBI akan menyelenggarakan Pelatihan dengan topik “Pelatihan Teknologi Budidaya Kopi dan Fermentasi dengan Starter  Ciragi untuk Menghasilkan Kopi Bermutu Tinggi”. Pelatihan akan dilaksanakan di kantor Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia, Jl. Taman Kencana No. 1, Bogor, pada tanggal 27 - 29 Agustus 2018.

Untuk informasi lebih lanjut dapat men-download brosur berikut : download brosur

Facebook Twitter

 

Workshop Budidaya Kelapa Kopyor

PPBBI akan menyelenggarakan Worshop dengan topik “Wokshop Budidaya Kelapa Kopyor ”. Workshop akan dilaksanakan di Laboratorium Biak Sel & Mikropropagasi - Kebun Percobaan Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia, Jl. Jabaru No. 2, Ciomas - Bogor, pada tanggal 3 Juli 2018.

Untuk informasi lebih lanjut dapat men-download leaflet berikut : download leaflet

Facebook Twitter

 

Pelatihan Bioinformatika untuk Protein Modelling

Protein adalah alat molekuler yang menjalankan fungsi biologis di dalam organisme. Protein adalah materi pembangun seluruh sel di dalam tubuh organisme. Meskipun informasi genetik terkait kehidupan sel dikode oleh DNA, proses dinamis dari hidup, replikasi, pertahanan dan reproduksi seluruhnya dilaksanakan oleh protein. Oleh sebab itu, studi terkait protein menjadi sangat penting dalam berbagai bidang seperti pertanian, perkebunan hingga kesehatan.

Kini, perpaduan antara bioteknologi dan teknologi informasi (bioinfomatika) menjelma menjadi cabang ilmu yang mengorganisasi dan menganalisa data-data tersebut menjadi sebuah informasi biologis bermakna. Ribuan database telah tercipta dalam kurun waktu dua dasawarsa terakhir di dunia yang mendukung perkembangan dari riset bioinformatika di berbagai bidang. Keberadaan database dari berbagai organisme yang bersifat terbuka (open access) tersebut memungkinkan pencarian dan studi homologi protein potensial untuk berbagai fungsi di bidang pertanian hingga kesehatan. Hal tersebut semakin penting mengingat tren penelitian in silico yang sangat membantu ilmuwan untuk melakukan penelitian secara lebih tepat, terarah dan efisien.

Sebagai institusi riset, PPBBI telah lama menggunakan pendekatan bioinformatika sebagai bagian dari penelitian bioteknologi untuk mendapatkan hasil terbaik. Oleh karena itu, PPBBI akan menyelenggarakan pelatihan dengan topik “Bioinformatika untuk Protein Modelling”. Pelatihan ini merupakan gabungan antara teori (50%) dan praktek (50%) yang diharapkan membekali peserta dengan kemampuan melakukan analisis in silico untuk protein modeling yang menjadi dasar untuk pengembangan protein potensial tanaman maupun desain obat. Pelatihan akan dilaksanakan di Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia, Jl. Taman Kencana No. 1, Bogor 16128, pada tanggal 17-18 April 2018.

Untuk informasi lebih lanjut dapat men-download leaflet berikut : download leaflet

Facebook Twitter

 

Pelatihan Teknik Perbanyakan Tanaman melalui Kultur Jaringan

Indonesia termasuk negara produsen utama untuk beberapa komoditas perkebunan seperti kelapa sawit, karet, kopi, kakao, teh, dan tebu. Namun produktivitas tanaman perkebunan di Indonesia masih lebih rendah dibandingkan negara lain. Salah satu faktor penyebabnya yaitu rendahnya penggunaan bibit unggul.
Kebutuhan bibit unggul tanaman perkebunan dan tanaman pertanian lainnya di Indonesia mencapai ratusan juta bibit per tahun. Produksi benih unggul dalam jumlah massal sulit dipenuhi dengan metode propagasi konvensional dalam waktu relatif singkat. Peran penting kultur jaringan adalah menyediakan bibit unggul klonal skala besar secara cepat. Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia (PPBBI) memiliki kemampuan dan pengalaman panjang dalam pengembangan kultur jaringan tanaman perkebunan. Saat ini, puluhan juta benih unggul tanaman perkebunan telah dihasilkan melalui kultur jaringan.

Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia (PPBBI) akan menyelenggarakan Pelatihan “Teknik Perbanyakan Tanaman melalui Kultur Jaringan”. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan kultur jaringan pada tanaman perkebunan dan tanaman hias. Pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal 6-10  November 2017 di Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia, Jl. Taman Kencana No.1, Bogor dan di Laboratorium Biak Sel & Mikropropagasi Tanaman, Jl. Jabaru II No.21, Ciomas, Bogor

Untuk informasi lebih lanjut dapat men-download leaflet berikut : download leaflet

Facebook Twitter

 

Pelatihan Bioinformatika aplikatif dalam riset pertanian dan kesehatan

Informasi dari kemajuan bioteknologi seperti data sekuen DNA dari pembacaan genom, data sekuen dan struktur protein sampai kepada data transkripsi RNA telah berkembang pesat. Kini, perpaduan antara bioteknologi dan teknologi informasi (bioinfomatika) menjelma menjadi cabang ilmu yang mengorganisasi dan menganalisa data-data tersebut menjadi sebuah informasi biologis bermakna. Ribuan database telah tercipta dalam kurun waktu dua dasawarsa terakhir di dunia yang mendukung perkembangan dari riset di bidang pertanian dan kesehatan. Keberadaan database dari berbagai organisme yang bersifat terbuka (open access) tersebut memungkinkan pencarian identifikasi kandidat-kandidat gen yang memiliki potensi untuk perbaikan sifat tanaman atau penanggulangan penyakit melalui rekayasa genetika. Hal tersebut semakin penting mengingat tren penelitian in silico yang sangat membantu ilmuwan untuk melakukan penelitian secara lebih tepat, terarah dan efisien.

Sebagai institusi riset, PPBBI telah lama menggunakan pendekatan bioinformatika sebagai bagian dari penelitian bioteknologi untuk mendapatkan hasil terbaik. Oleh karena itu, PPBBI akan menyelenggarakan pelatihan dengan topik “Bioinformatika aplikatif dalam riset pertanian dan kesehatan”. Pelatihan ini merupakan gabungan antara teori (30%) dan praktek (70%) yang diharapkan membekali peserta dengan kemampuan melakukan analisis in silico untuk menghasilkan data yang dapat dipublikasikan. Pelatihan akan dilaksanakan di Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia, Jl. Taman Kencana No. 1, Bogor 16128, pada tanggal 25-26 April 2016.

Untuk informasi lebih lanjut dapat men-download leaflet berikut : download leaflet

Facebook Twitter

 
More Articles...