Rhiphosant

Nama Produk
:
RhiPhosant
Paten
:
-
Sertifikat merk
:
D00-2005021191
Peneliti
:
Dr. Didiek H. Goenadi
Ir. Suharyanto, MSi
Dr. Laksmita Prima Santi
Tanaman kacang-kacangan dan leguminosa pohon pada dasarnya memerlukan bantuan bakteri pembentuk bintil akar. Aktivitas mikroba tersebut mutlak diperlukan untuk mencapai hasil yang ekonomis. Rhiphosant merupakan produk dengan formula Bradyrhizobium dan bakteri pelarut fosfat lokal yang adaptif dengan kondisi tanah marginal di Indonesia. Formulasi bahan pembawa yang tepat memungkinkan inokulan bakteri tersebut mampu bertahan hidup dan bekerja efektif di lapang.
Kegunaan :
RhiPhosant adalah inokulan berbahan aktif bakteri penambat N dan pelarut P unggul hasil isolasi dan seleksi dari mikroba indigenous Indonesia yang dapat berfungsi membantu menambat nitrogen (N) dari udara dan melarutkan senyawa fosfat (P) sukar larut di dalam tanah.
Aplikasi RhiPhosant di lahan bekas tailing (PT Freeport Indonesia)
Keunggulan :
Formulasi RhiPhosant dikonstruksi sedemikian rupa sehingga menjamin mutu dan efektivitasnya, menghemat pupuk NPK dan kapur hingga tinggal 25% dari dosis anjuran konvensional. RhiPhosant mampu meningkatkan P dan kelarutan Kalium dalam tanah, serta mampu menghasilkan fitohormon asam indol asetat (IAA) yang dapat meningkatkan perkembangan akar.
Potensi :
Penggunaan Rhiopsant dengan dosis 1 kg/ Ha, mampu meningkatkan daya kecambah benih kacangan dan menambah jumlah bintil akar dan panjan akar.