Workshop Replanting Kelapa Sawit di lahan Endemik Ganoderma : Success story di PTP Nusantara IV

Penyakit busuk pangkal batang yang disebabkan Ganoderma sp. merupakan penyakit utama pada perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Ganoderma sp. merupakan patogen tular tanah yang sulit dikendalikan karena mempunyai beberapa karakteristik seperti kemampuannya membentuk badan pertahanan dan menyebar. Hasil analisis ekonomi menunjukkan bahwa pada tingkat keparahan serangan Ganoderma sp. tertentu atau jumlah pokok tertentu, maka replanting merupakan pilihan yang harus dilakukan bagi pekebun.
Secara umum lahan endemik Ganoderma merupakan lahan yang tergolong tidak sehat karena mengalami cekaman biotik. Oleh karena itu perlakuan khusus perlu dilakukan untuk mengembalikan kesehatan lahan sehingga penanaman kembali (replanting) tanaman kelapa sawit mencapai keberhasilan. Penyehatan lahan dapat dilakukan melalui perbaikan karakteristik biologi tanah atau mengembalikan sifat biologinya.
Teknik replanting di lahan endemik Ganoderma harus dimulai dari saat persiapan lahan dan pengolahan tanah, penyediaan bibit bebas Ganoderma, dan pemeliharaan kesehatan tanaman termasuk monitoring infeksi Ganoderma, peningkatan kebugaran dan imunitas tanaman. Keseluruhan kegiatan ini merupakan satu paket yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk pencegahan terjadinya infeksi Ganoderma di lahan endemik.

Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia (PPBBI) akan menyelenggarakan Workshop “Replanting Kelapa Sawit di lahan Endemik Ganoderma : Success story di PTP Nusantara IV”. Workshop ini bertujuan untuk Memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis dalam penanganan lahan endemik Ganoderma sp. serta mempersiapkan SDM lapang untuk penanganan lahan endemik dan tanaman terserang Ganoderma sp. Workshop akan dilaksanakan di Medan pada bulan 11 - 13 Juli 2017.

Untuk informasi lebih lanjut dapat men-download leaflet berikut : download leaflet

Facebook Twitter