Workshop Peningkatan Kualitas dan Citarasa Kopi dengan Pendekatan Bioteknologi

Kopi merupakan minuman penyegar yang diminum tidak hanya untuk menghilangkan haus ataupun memperoleh zat gizi tertentu, tetapi utamanya adalah untuk memperoleh kesenangan atau kenikmatan. Oleh sebab itu, faktor terpenting dari minuman tersebut adalah mutu citarasanya. Kopi dengan citarasa tinggi saat ini sudah menjadi bagian gaya hidup kaum remaja dan profesional muda. Berbagai varian penambah rasa kopi juga berkembang pesat seperti “Espresso”, “Cappucinno”, “Mocacinno” dll sehingga jumlah penikmat kopi bertambah luas. Terkait dengan hal tersebut produsen kopi perlu melakukan best practice teratur untuk mendapatkan kualitas dan mutu citarasa terbaik.
Bahan baku bermutu baik tidak menjamin citarasa kopi yang dihasilkan juga akan baik bila pengolahan tidak dilakukan dengan cara yang benar. Penambahan starter mikroba untuk fermentasi (Ciragi) dapat meningkatkan total skor citarasa. Keuntungan lainnya adalah dapat menghilangkan karakter astringent, rubbery, rather chemical, dark chocolaty, spicy, herbal yang tidak disukai. Karakter rasa tertentu yang disukai konsumen seperti acidity, fragrance, sweet corn, lemony, dan jasmine dapat muncul pada kopi hasil fermentasi dengan Ciragi. Terkait hal tersebut maka pengetahuan mengenai cara peningkatan kualitas dan citarasa kopi melalui aplikasi Ciragi perlu dimiliki oleh trader kopi, pimpinan atau aparat dinas terkait, manager kebun kopi dan petani kopi. Disamping itu bagi para praktisi industri kopi dan peracik café, pengetahuan tersebut bermanfaat dalam memilih jenis kopi yang sesuai dengan trend selera konsumen dan pasar saat ini.

Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia (PPBBI) akan menyelenggarakan Workshop“Peningkatan Kualitas dan Citarasa Kopi dengan Pendekatan Bioteknologi”. Workshop ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan praktis dan keterampilan teknis dalam produksi kopi bercitarasa tinggi dengan pendekatan bioteknologi. Workshop akan akan dilakukan di Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia, Jl Taman Kencana 1, Bogor, selama 3 (tiga) hari dari 8 - 10 Mei 2017

Untuk informasi lebih lanjut dapat men-download leaflet berikut : download leaflet

Facebook Twitter