Pelatihan Teknik Perbanyakan Tanaman melalui Kultur Jaringan

Indonesia termasuk negara produsen utama untuk beberapa komoditas perkebunan seperti kelapa sawit, karet, kopi, kakao, teh, dan tebu. Namun produktivitas tanaman perkebunan di Indonesia masih lebih rendah dibandingkan negara lain. Salah satu faktor penyebabnya yaitu rendahnya penggunaan bibit unggul.
Kebutuhan bibit unggul tanaman perkebunan dan tanaman pertanian lainnya di Indonesia mencapai ratusan juta bibit per tahun. Produksi benih unggul dalam jumlah massal sulit dipenuhi dengan metode propagasi konvensional dalam waktu relatif singkat. Peran penting kultur jaringan adalah menyediakan bibit unggul klonal skala besar secara cepat. Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia (PPBBI) memiliki kemampuan dan pengalaman panjang dalam pengembangan kultur jaringan tanaman perkebunan. Saat ini, puluhan juta benih unggul tanaman perkebunan telah dihasilkan melalui kultur jaringan.

Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia (PPBBI) akan menyelenggarakan Pelatihan “Teknik Perbanyakan Tanaman melalui Kultur Jaringan”. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan kultur jaringan pada tanaman perkebunan dan tanaman hias. Pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal 6-10  November 2017 di Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia, Jl. Taman Kencana No.1, Bogor dan di Laboratorium Biak Sel & Mikropropagasi Tanaman, Jl. Jabaru II No.21, Ciomas, Bogor

Untuk informasi lebih lanjut dapat men-download leaflet berikut : download leaflet

Facebook Twitter