Workshop Pengolahan dan Pemanfaatan Limbah Industri Kelapa Sawit dengan Pendekatan Bioteknologi menuju Zero Waste Industry

Industri kelapa sawit nasional menjadi andalan dan motor penggerak perekonomian nasional. Nilai ekspor minyak sawit sepanjang 2015 mencapai USD 18,64 milyar dan berperan besar dalam menyelamatkan neraca perdagangan Indonesia. Jumlah tersebut diharapkan terus meningkat untuk mendorong peningkatan nilai ekspor Indonesia. Tuntutan untuk meningkatkan produksi minyak sawit tersebut berimplikasi pada peningkatan volume limbah pabrik kelapa sawit yang dihasilkan. Permasalahan limbah ini sering menjadi ganjalan bagi para pengelola industri kelapa sawit, selain itu limbah cair pabrik kelapa sawit (LCPKS) juga dituding sebagai penghasil gas metana terbesar kedua, yang berkontribusi terhadap pemanasan global. Di sisi lain LCPKS berpotensi menjadi produk bernilai ekonomi yang cukup tinggi. Penanganan limbah dengan metode 4R (Reuse, Recycle, Reduction, Recovery) menuju zero waste industry merupakan solusi permasalahan tersebut.

Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia (PPBBI) akan menyelenggarakan Workshop “Pengolahan dan Pemanfaatan Limbah Industri Kelapa Sawit dengan Pendekatan Bioteknologi menuju Zero Waste Industry” yang menawarkan teknologi pemanfaatan limbah pabrik kelapa sawit menjadi produk bernilai ekonomi tinggi menuju zero waste industry, sehingga menjadikan limbah yang tadinya cost center menjadi profit center. Workshop akan diselenggarakan pada tanggal 25-26 Oktober 2016 di Kampus Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia, Jl. Taman Kencana No. 1, Bogor 16128.

Untuk informasi lebih lanjut dapat men-download leaflet berikut : download leaflet


Share di Facebook