Workshop Teknik Biomolekuler Terkini untuk Mendukung Riset pada Bidang Pertanian dan Kesehatan

Sejak ditemukannya struktur DNA pada tahun 1950-an, teknik biologi molekuler telah berkembang pesat. Saat ini, aplikasi teknologi tersebut telah dirasakan manfaatnya pada berbagai bidang, baik untuk pemuliaan tanaman pada bidang pertanian hingga drug discovery pada bidang kesehatan. Riset terkait biologi molekuler kini memasuki tahapan baru. Teknik genome editing yang sekarang mulai banyak dikembangkan memungkinkan manipulasi genetik secara tepat pada sekuen genom spesifik sehingga dapat menggantikan teknik mutagenesis yang terjadi secara acak. Di sisi lain, identifikasi gen-gen terkait sifat unggul pada organisme target kini tidak lagi dilakukan secara monogenik melainkan plurigenik. Analisis transkriptomik dengan menggunakan teknik RNA sequencing telah diketahui mampu mengidentifikasi kluster gen yang terkait sifat-sifat unggul. Metode analisis high debit tersebut berkembang cepat karena dukungan kemajuan teknologi informasi di bidang biologi yang dikenal sebagai bioinformatika. Pada masa sekarang ini, riset pada bidang biologi molekuler tidak mungkin dipisahkan dari teknik bioinformatika. Untuk itu peningkatan pengetahuan, skill dan keterampilan para pelaku riset di biologi molekuler dan bioinformatika harus terus ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Sebagai institusi riset, PPBBI senantiasa meningkatkan kapasitas peneliti dalam mempelajari dan mengaplikasikan teknik-teknik biologi molekuler dan bioinformatika terkini. Di sisi lain, PPBBI merasa perlu untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki. Sehubungan dengan hal tersebut, PPBBI akan menyelenggarakan workshop dengan topik “Teknik biologi molekuler terkini untuk mendukung riset pada bidang pertanian dan kesehatan”. Dalam kegiatan ini akan disampaikan materi berupa teori dan demo praktek yang dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan peserta di bidang biologi molekuler.

Workshop yang akan diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia pada tanggal 1-3 Desember 2015 bertujuan untuk Meningkatkan pengetahuan peserta tentang teknik-teknik biologi molekuler terkini khususnya RNA sequencing dan Genome Editing; Membekali peserta dengan teknik bioinformatika untuk mendukung riset di bidang biologi molekuler; Menjalin jejaring dan kerjasama antar instansi peserta dengan PPBBI dalam aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk informasi lebih lanjut dapat men-download leaflet berikut : download leaflet


Share di Facebook