Pelatihan Teknik Perbanyakan Tanaman Melalui Kultur Jaringan

Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia (PPBBI) dengan pengalaman panjang dalam riset dan pengembangan bahan tanam unggul perkebunan, tanaman hias dan hortikultura melalui kultur jaringan, mengadakan Pelatihan Teknik Perbanyakan Tanaman Melalui Kultur Jaringan pada tanggal 18-22 Mei 2015. Menyadari bahwa kebutuhan bibit unggul tanaman perkebunan dan tanaman hias di Indonesia mencapai ratusan juta bibit per tahun, peran kultur jaringan sangat diperlukan untuk menyediakan bibit unggul klonal skala besar secara cepat. Di Indonesia, saat ini puluhan juta benih unggul tanaman tersebut telah dihasilkan melalui kultur jaringan. Selain untuk tujuan perbanyakan tanaman, kultur jaringan juga berperan dalam program pemuliaan tanaman melalui transformasi genetik dan pemuliaan tanaman in vitro, penyediaan bibit bebas-penyakit, produksi senyawa metabolit sekunder bernilai tinggi, dan untuk konservasi plasma nutfah tumbuhan secara in vitro. Melalui pelatihan ini, PPBBI memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta dalam melakukan teknik kultur jaringan pada tanaman perkebunan dan tanaman hias.

Pelatihan dilaksanakan selama lima hari yang terdiri dari pembekalan materi oleh narasumber yang merupakan peneliti-peneliti ahli dan berpengalaman PPBBI di bidang kultur jaringan dan biologi molekuler terkait kultur jaringan, serta praktikum kultur jaringan di laboratorium biak sel dan mikropropagasi tanaman PPBBI. Pelatihan melibatkan peserta dari Dinas-Dinas Perkebunan beberapa Provinsi maupun perusahaan swasta. Materi pelatihan yang diberikan meliputi dasar-dasar teknik kultur jaringan dan kultur jaringan tanaman perkebunan oleh Ir. Sumaryono, M.Sc, teknik somatic embryogenesis (SE) dan in vitro microcutting tanaman karet oleh Dr. Nurhaimi Haris, media tanam, temporary immersion system (TIS), dan aklimatisasi oleh Imron Riyadi, M.Si, biologi molekuler dan kultur jaringan dalam perbaikan tanaman oleh Dr. Asmini Budiani, teknik organogenesis untuk perbanyakan tanaman hias oleh Masna Maya Sinta, S.Si, dan teknik kultur jaringan untuk tanaman bebas hama dan penyakit oleh Dr. Hayati Minarsih.

Selain dibekali oleh materi, peserta diajak langsung untuk melihat laboratorium kultur jaringan serta alat dan fasilitas yang ada di laboratorium. Selanjutnya peserta melakukan praktikum pembuatan larutan stok hara makro, hara mikro, dan hormon dan pembuatan medium tanam kultur jaringan. Setelah pembuatan medium tanam, peserta melakukan pengambilan eksplan di lapang yang akan diperbanyak melalui kultur jaringan yang terdiri dari bunga kakao, daun kopi, batang teh, dan embrio kelapa kopyor. Kemudian dilakukan praktikum sterilisasi dan penanaman eksplan di laboratorium, subkultur, dan pengamatan. Tahap pada teknik kultur jaringan yang dilatih tidak hanya sampai pada tahap laboratorium. Peserta juga melakukan praktikum aklimatisasi yaitu mengadaptasikan tanaman hasil kultur jaringan ke lapang. Untuk teknik kultur jaringan menghasilkan tanaman bebas hama dan penyakit, juga dilakukan peragaan teknik pengambilan eksplan yang dinamakan teknik kultur meristem tip. Peserta sangat antusias dalam praktikum dan diskusi yang sangat berguna untuk saling berbagi pengalaman yang bermanfaat untuk kemajuan riset dan pengembangan kultur jaringan untuk perbanyakan tanaman perkebunan, tanaman hias dan tanaman potensial lainnya di Indonesia.

Setelah diskusi dan penutupan pada hari Jum'at tanggal 22 Mei 2015, pelatihan diakhiri dengan acara kunjungan ke Museum Kepresidenan di lingkungan Istana Presiden Bogor yang merupakan tempat kunjungan menarik di kota Bogor. Bagi rekan-rekan yang berminat mengikuti pelatihan Teknik Perbanyakan Tanaman Melalui Kultur Jaringan yang diselenggarakan oleh PPBBI ini, akan diselenggarakan pelatihan gelombang II tahun 2015 pada tanggal 9-13 November 2015. Kami tunggu partisipasi dari rekan-rekan selanjutnya.

 

Penulis : Rizka Tamania Saptari S.Si


Share di Facebook

Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia
Jl. Taman Kencana No.1, Bogor 16128- Indonesia Phone: (0251) 8324048, 8327449 Fax. : (0251) 8328516 Email: admin@iribb.org
Hak cipta © 2019
Media Sosial :