Bibit kultur jaringan pisang

Nama Produk
:
Bibit kultur jaringan pisang
Paten
:
-
Sertifikat merk
:
-
Peneliti
:
Dr Priyono, DIRS
Irfan Martiansyah, SSi

Pisang merupakan tanaman yang banyak ditanam baik sebagai komoditi komersial maupun komoditi rumah tangga untuk dikonsumsi sendiri. Kendala dalam penyediaan bibit dalam skala komersial adalah ketersediaan bibit unggul klonal yang seragam, dalam jumlah banyak, dan dapat tersedia dalam waktu yang relative singkat. Teknologi kultur jaringan merupakan suatu teknik perbanyakan klonal dalam kondisi aseptik secara cepat. Bibit pisang hasil kultur jaringan yang tersedia saat ini antara lain Barangan Merah, Barangan Kuning, Ambon Kuning, Cavendish, Mas Kirana.

Kegunaan :
Buah pisang merupakan sumber vitamin dan gizi. Buah matang dapat dikonsumsi langsung atau diolah/dimasak dalam bentuk kering maupun basah dan dapat disimpan dalam waktu yang lama, seperti olahan keripik, selai, dll.
Keunggulan :
Bibit bersifat unggul, bebas hama dan penyakit karena diperbanyak dalam keadaan aseptik dari tanaman yang sehat. Tingkat keseragaman bahan tanaman yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan kebun.
Potensi :

- Membuat perkebunan pisang modern yang memiliki nilai ekonomis tinggi, efisien, murah dan terencana.

- Merupakan tanaman sela atau tumpang sari pada perkebunan karet, kelapa sawit, dan kakao masa TBM yang mudah dan murah untuk pemeliharaannya namun menghasilkan pendapatan yang cukup tinggi.

Petunjuk Teknis Budidaya Pisang: unduh file pdf

Leaflet Pisang : unduh file pdf