• header-produk1.jpg

OrgaDec

Nama Produk
:
OrgaDec  
Paten
:
ID 0 000 264 S  
Sertifikat merk
:
D00-2005021188  
Inventor
:
Dr. Didiek H. Goenadi  
    Drs. Yufnal Away,MS  
       
OrgaDec (Organic Decomposer) diformulasikan dengan bahan aktif mikroba asli Indonesia yang memiliki kemampuan menurunkan C/N secara cepat dan bersifat antagonis terhadap beberapa jenis penyakit jamur akar. Mikroba yang digunakan adalah Trichoderma pseudokoningii dan Cytophaga sp. Keduanya memiliki kemampuan yang tinggi dalam menghasilkan enzim pendegradasi lignin dan selulosa.
Kegunaan :        
         
OrgaDec digunakan sebagai dekomposer untuk menangani limbah padat organik berkadar lignin dan selulosa tinggi (sisa pangkasan teh, kulit buah kakao, tandan kosong kelapa sawit, jerami padi, serasah daun, dan ranting). OrgaDec merupakan bioaktivator pengomposan yang mudah, murah, cepat, dan sederhana, serta tidak menimbulkan bau.
 
         
Aplikasi OrgaDec mudah dan cepat dalam skala besar
         
Keunggulan :        
         
OrgaDec sesuai untuk kondisi tropis, menurunkan C/N secara cepat, tidak membutuhkan tambahan bahan lain, tidak perlu dilakukan pembalikan selama proses pengomposan berlangsung, antagonis terhadap penyakit jamur akar.
         
Potensi :        
         
Mampu menangani limbah padat perkebunan dengan baik dan cepat. Teknologi kompos yang efektif dan merupakan bioaktivator pengomposan yang mudah, murah, sederhana, cepat serta tidak menimbulkan bau.
         
Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia
Jl. Taman Kencana No.1, Bogor 16128- Indonesia Phone: (0251) 8324048, 8327449 Fax. : (0251) 8328516 Email: admin@iribb.org
Hak cipta © 2019
Media Sosial :