Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia (PPBBI) adalah peningkatan status dan perubahan nama dari Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia. Dalam sejarah penelitian di Indonesia, PPBBI merupakan kelanjutan dari Centrale Proefstation Vereniging (CPV) yang didirikan tahun 1901 oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda. Peningkatan status dan perubahan nama tersebut untuk menjawab tantangan industri pertanian dengan pendekatan efisiensi, nilai tambah, ramah lingkungan, dan berkesinambungan.

Kompetensi PPBBI dalam kegiatan riset dan pengembangan terus ditingkatkan seiring dengan besarnya tantangan dan tingginya peluang. Sertifikasi dan penghargaan telah kami raih seperti KAN dan KNAPPP. Penetapan PPBBI sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Bioteknologi Perkebunan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menjadikan landasan kuat bagi PPBBI untuk peningkatan kinerja dalam mencapai kemandirian secara finansial dan berkontribusi lebih tinggi bagi ibu pertiwi.

Berbagai produk dan teknologi telah kami hasilkan dan banyak diantaranya sudah digunakan oleh industri pertanian di Indonesia, seperti bahan tanaman hasil kultur jaringan dan somatic embryogenesis, biodekomposer, pembenah tanah hayati dan organik, pupuk hayati, biostimulan, biopestisida, pangan, starter fermentasi kopi, dll. Dari sisi jasa pelayanan, PPBBI menyediakan jasa analisis laboratorium (kimia dan pangan, mikrobiologi dan lingkungan, serta biokimia dan biologi molekuler) secara cepat, tepat, dan handal.

Beberapa teknologi telah kami kembangkan, antara lain teknologi somatic embryogenesis kelapa sawit dan sagu, teknik replanting kelapa sawit bebas Ganoderma, pemetaan serangan penyakit Ganoderma secara dini, produksi biogas skala industri, penggendalian dan pemanfaatan limbah industri, peningkatan citarasa kopi, dan teknologi untuk meningkatkan produksi dan kualitas panen padi dan jagung. Untuk itu PPBBI membuka diri untuk melakukan pelatihan dan bantuan teknis sesuai dengan kebutuhan stakeholder.

Terima kasih atas kunjungan ke website kami. Kami berharap website ini dapat digunakan untuk menggali informasi tentang produk dan teknologi hasil karya peneliti PPBBI serta artikel tentang riset dan pengembangan bioteknologi dan bioindustri. Komunikasi lanjutan dan kerjasama saling menguntungkan kami harapkan dapat terjalin untuk kepentingan semua pihak.

 

Dr. Ir. Priyono, DIRS
Direktur Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia

Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia
Jl. Taman Kencana No.1, Bogor 16128- Indonesia Phone: (0251) 8324048, 8327449 Fax. : (0251) 8328516 Email: admin@iribb.org
Hak cipta © 2019
Media Sosial :